lambang gunadarma

lambang gunadarma

Sabtu, 02 Januari 2010

Sinyal Buruk Timnas Indonesia

Sinyal Buruk Timnas Indonesia


(Foto, Int)
JAKARTA -- Tim Nasional (Timnas) Indonesia memberikan sinyal buruk menjelang lanjutan Pra Piala Asia 2011 kontra Oman Rabu (6/1) nanti. Tim besutan Benny Dolo itu kandas 1-2 di tangan Africa Selection pada laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta kemarin (31/12).

Kekalahan itu, diakui Benny Dolo, pelatih timnas, akibat dari minimnya komunikasi di lapangan sesama pemain. "Itu membuat organisasi tim tidak berjalan dengan baik," ujar Bendol, sapaan karib Benny Dolo. Pria berbadan subur itu menengarai kurangnya komunikasi etrsebut dipengaruhi penampilan para pemain saat membela klub masing-masing.

Kemudian masih ditambah minimnya waktu berkumpul Bambang Pamungkas dkk di pelatnas. Maklum tim yang dibentuk untuk menghadapi Oman bukalah tim yang serupa benar saat Indonesia menghadapi Kuwait lalu. Lini berkurang dipastikan berkurang tanpa Maman Abdurahman dan Ismed Sofyan. Djayusman Triasdi dan Christian Warobay didaulat mengisi kekosongan yang ada.

Lini depan juga tak komplet setelah Boaz Solossa tak memenuhi undangan timnas. Bendol merasa cukup dengan mengandalkan empat tukang gedor terbaik Indonesia. Mereka adalah Budi Sudarsono, Bambang Pamungkas, Saktiawan Sinaga, dan T.A. Musafri. Hanya Bendol masih perlu mewaspadai stabilitas Budi. "Budi mudah sekali terpancing emosi. Saya harus melakukan pendekatan dengan komunikasi secara langsung," ujar pria kelahiran Manado itu.

Penampilan emosional itu tak hanya diperlihatkan Budi dalam uji coba kemarin. Pada babak pertama, pasukan Gardua masih tampil tenang. Namun, setelah gawang Markus Horison kebobolan gol Bako Sadiso di menit ke-20 dalam laga 3x30 menit itu atmosfer pertandingan mulai berubah.

Suasana tak berubah meski pada babak kedua Bendol mengganti beberapa pemain beberapa pemain. Diantaranya Djayusman Triasdi dan Saktiawan Sinaga yang digantikan Hariono dan M Ilham. Malah, suasana semakin panas saat Christian Bakatal menceploskan bola pada menit ke-58 ke gawang timnas.

Memasuki babak ketiga Bendol menarik Ponaryo Astaman dan Budi Sudarsono. Mereka diganti oleh T. A. Musafri dan Eka Ramdani dengan harapan mampu meningkatkan serangan. Lumayan, Timnas mampu memperkecil ketinggalan lewat Bambang Pamungkas pada menit ke-75.

Dengan hasil tersebut, Bendol tak akan meliburkan latihan timnas hari ini, meski bertepatan dengan perayaan tahun baru. "Mulai besok (hari ini, red) saya akan menekankan latihan pada perbaikan kerja sama tim," ujar Bendol. Sebelumnya berdasarkan pengamatan Bendol, Oman memiliki satu kelemahan krusial. Senjata utama untuk melumpuhkan adalah dengan mengandalkan kolektvitas tim. (vem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar